Resiko Merubah Domain Blogspot Ke Custom Domain

Resiko Memindahkan Sub-domain Blogspot Ke Custom Domain
Me-redirect suatu alamat web atau blog tentu saja memiliki beberapa resiko karena blog kita akan dianggap sebagai blog baru oleh search engine. Dibawah ini beberapa resiko yang saya alami ketika memindahkan blog ini ke custom domain:

1. Penurunan alexa rank dan Google pagerank (Sementara)
Meredirect sub-domain blogspot ke custom domain tentu saja akan membuat blog kita seperti sebuah blog baru. Penurunan alexa rank dan Google pagerank tentu saja sudah menjadi sebuah resiko yang harus ditanggung ketika kita memindahkan alamat blog kita ke domain baru. Namun permasalahan ini hanya bersifat sementara karena alexa rank dan pagerank kita akan kembali seperti semula secara bertahap. Biasanya dibutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan untuk kembali ke kondisi semula.2. Penurunan kecepatan peng-index-an Search Engine (Sementara)
Dengan menurunnya Google pagerank tentu saja akan berpengaruh juga kepada kecepatan pengindexan search engine. Sebagai contohnya, postingan terbaru blog ini baru terindex di search engine setelah 2-3 hari setelah tanggal postingan di publish, hal ini sangat berbeda jauh dengan kecepatan pengindexan sebelum blog ini saya pindahkan ke custom domain, postingan terbaru hanya membutuhkan waktu 1-2 menit untuk terindex di search engine. Permasalahan ini akan kembali seperti semula seiring perkembangan pagerank dan alexa rank blog kita.

3. Kehilangan pembaca melalui Feed (Permanent)
Merubah URL blog tentu saja akan merubah alamat feed blog kita, dengan kata lain kita akan kehilangan pembaca yang telah berlangganan artikel melalui alamat feed blog kita yang lama. Penanganan permasalahan ini akan saya jelaskan pada postingan selanjutnya mengenai tips memindahkan sub-domain blogspot ke custom domain.

4. Penurunan jumlah pengunjung (Sementara)
Pada saat perubahan sub-domain lama ke domain baru, google secara bertahap akan berusaha memindahkan alamat blog lama ke alamat blog baru, hal ini disebabkan blogspot menggunakan fitur redirect 301 (permanet redirect) ketika kita memasukkan alamat domain baru kita di settingan blogspot. Jumlah halaman blog lama kita yang telah terindex di search engine akan dihapus secara bertahap dan di index ulang ke alamat domain baru. Masa-masa transisi pengindexan google ini lah yang akan menyebabkan pengunjung blog kita menurun untuk sementara.

Source : http://www.devbook.net/2010/07/resiko-merubah-domain-blogspot-ke.html

11 komentar:

Johanes djogan mengatakan...

betul tuh mas...
dulu aq pake domain .co.cc
yg blogspot'a sepi....
pas domain'a .co.cc'a expire/angus...
pagerank di blogspot'a kecil dah~

nice info n_n

CepukOnline mengatakan...

Ini Juga Baru ak Ubah dr .co.cc Jadi blogspot Lagi...

heheheheeeee

Dhana/戴安娜 mengatakan...

salam sahabat
bener juga mas dari sini resiko merubah domain blogspot sangat luas kaitannya apalagi dengan RANK,SITE,KEYword dan follow up nya juga berpengaruh,makasih yach

CepukOnline mengatakan...

heheheheee..

makaNya Ni ak Ganti bLogspot Lgi Mbak Dhana...

NIMBUZZFREND mengatakan...

owh gitu ya Sob....Kalau Di pikir seh memang Betul,Kita Aja Kalau GAnti Nama Atau Pindah Rumah Jadi Susah nyarinya...hehehe

CepukOnline mengatakan...

Kang Nimbuz : Ya Begitu Lah Kira2 Kang....

aK Juga Baru tau SeteLah Baca ArtikeL Ini..

heheheeeeeeeeeeeee

Denny's blog mengatakan...

hmmm...
bener juga kang cepuk...
ane pengen ganti domain dengan .us
tapi masih ragu2.
nahh..
ini dia resikonya,,,
sepertinya harus ditunda dulu deh,,

CepukOnline mengatakan...

Denny's :: Ya Buat Baru Lagi aJa..

heheeeeeeeeeeee

jelajah belitung mengatakan...

kayak nya emang begitu kang.bisa jadi anjlok alexa kita

CepukOnline mengatakan...

SeLain anjLok kita MuLai dr NoL lagi...

heheheheheeeeeeeeeeeee

Misel ( Expedition-Net ) mengatakan...

Hemmm ternyata perlu dipikirkan juga sebelum bertindak lanjut suatu perubahan, artikel yang bermanfaat, terimakasih Bos infonya bagus, salam sukses untuk anda

Posting Komentar

BLOG FRIENDS

Pengikut

SRAGEN ONLINE | BLOG KREASI ANAK SRAGEN. Diberdayakan oleh Blogger.