ELEKTROLIT KUAT& SEHAT

Larutan elektrolit kuat adalah larutan yang mempunyai daya hantar listrik yang kuat, karena zat terlarutnya didalam pelarut (umumnya air), seluruhnya berubah menjadi ion-ion (alpha = 1). Misalnya : NaCl NaCl (s) → Na+ (aq) + Cl- (aq) Apabila 1 mol NaCl dilarutkan dalam air maka akan terdisosiasi menghasilkan 1 mol ion Na+ dan 1 mol ion Cl-. Banyak sedikitnya elektrolit menjadi ion dinyatakan dengan derajat disosiasi atau derajat ionisasi (α) yaitu perbandingan jumlah zat yang menjadi ion dengan jumlah zat yang dilarutkan.

α = jumlah zat yang menjadi ion/jumlah zat mula-mula

Yang tergolong elektrolit kuat adalah:
a. Asam-asam kuat, seperti : HCl, HCl03, H2SO4, HNO3 dan lain-lain. b. Basa-basa kuat, yaitu basa-basa golongan alkali dan alkali tanah, seperti: NaOH, KOH, Ca(OH)2, Ba(OH)2 dan lain-lain. c. Garam-garam yang mudah larut, seperti: NaCl, KI, Al2(SO4)3 dan lain-lain .
Kemampuan suatu larutan untuk menghantarkan arus listrik dapat diamati dengan menggunakan alat uji elektrolit yang terdiri dari dua buah elektroda yang dihubungkan dengan kutub negatif (katode) dan kutub positif (anoda). Elektron akan mengalir dari katode dan ion positif dalam larutan akan bergerak ke katode mengikat elektron sementara ion negatif melepas elektron ke anode..



ELEKTROLIT LEMAH
Larutan elektrolit lemah adalah larutan yang daya hantar listriknya lemah dengan harga derajat ionisasi sebesar: O < alpha < 1.
Larutan elektronik lemah mengandung zat yang hanya sebagian kecil menjadi ion ketika larut dalam air, misalnya asam cuka (CH3COOH). CH3 COOH (l) → CH3 COOH (aq) ↔ CH3 COO- (aq) + H+ (aq)Tanda ↔ menunjukan bahwa reaksi terjadi bolak-balik dan menginformasikan bahwa tidak semua CH3 COOH terionisasi menjadi CH3 COO- (aq) + H+ (aq)
Yang tergolong elektrolit lemah:
a. Asam-asam lemah, seperti : CH3COOH, HCN, H2CO3, H2S dan lain-lain
b. Basa-basa lemah seperti : NH4OH, Ni(OH)2 dan lain-lain
c. Garam-garam yang sukar larut, seperti : AgCl, CaCrO4, PbI2 dan lain-lain
# Ciri-ciri daya hantar listrik larutan elektrolit lemah: 1. Lampu pijar akan menyala redup dan muncul gelembung-gelembung disekitar elektode.
2. Lampu pijar akan tidak menyala, tetapi ada gelembung-gelembung disekitar elektode.



Larutan non elektrolit
• Larutan non elektrolit adalah larutan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik, karena zat terlarutnya di dalam pelarut tidak dapat menghasilkan ion-ion (tidak mengion).
Tergolong ke dalam jenis ini misalnya:
- Larutan urea
- Larutan sukrosa
- Larutan glukosa
- Larutan alkohol dan lain-lain. Kemampuan suatu larutan untuk menghantarkan arus listrik dapat diamati dengan menggunakan alat uji elektrolit yang terdiri dari dua buah elektroda yang dihubungkan dengan kutub negatif (katode) dan kutub positif (anoda). Elektron akan mengalir dari katode dan ion positif dalam larutan akan bergerak ke katode mengikat elektron sementara ion negatif melepas elektron ke anode..
# Ciri-ciri daya hantar listrik larutan non elektrolit: Larutan tidak dapat menghantarkan arus listrik tidak akan memberrikan gejala kelistrikan seperti lampu pijar tidak menyala dan tidak muncul gelembung-gelembung disekitar elektode.

3 komentar:

Mimi Taria mengatakan...

Assalamu'Alaikum wr.wb.
Salam sillaturrohmi dan juga persahabatan...
kunjungan pertama dari Mimi (Gondang,Sragen),,
Salam kenal buat admin,,,

Dunia Berkarya mengatakan...

pusing saya bacanya, tapi ada keuntungan lain bahwa saya dapat memahaminya walaupun sedikit tapi bermanfaat banget, terimakasih.

kos mengatakan...

terimakasih gan...mau bergabung dengan wong sragen hehhehe ayoo terus berkarya untuk kota kita sragen asri

Posting Komentar

BLOG FRIENDS

Pengikut

SRAGEN ONLINE | BLOG KREASI ANAK SRAGEN. Diberdayakan oleh Blogger.