Add-ons Mozilla Firefox Wajib Dimiliki


Mozilla Firefox memang merupakan salah satu browser terpopuler saat ini, kemudahan untuk menambah berbagai macam add-ons menjadi salah satu kelebihan Mozilla Firefox dibandingkan browser-browser yang lainnya. Buat saya sendiri browser keluaran Mozilla seperti Firefox dan Flock masih menjadi favorit saya karena banyak sekali add-ons mozilla yang sangat membantu pekerjaan saya. Belakangan ini aktifitas online saya sedikit berkurang, waktu saya banyak dihabiskan dengan membongkar script secara offline dengan menggunakan localhost. Saat menggunakan localhost, browser memiliki peranan sangat besar. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi beberapa add-ons Mozilla Firefox yang saya gunakan dan menurut saya wajib dimiliki baik untuk web development ataupun untuk blogger agar memudahkan dalam mengedit template.

1. Firebug








Firebug merupakan sebuah add-ons mozilla yang dapat melihat coding dibalik sebuah halaman web ataupun blog. Pada postingan sebelumnya saya pernah membahas mengenai "Edit Template Blogger Dengan Web Developer". Firebug sebenarnya memiliki fitur yang hampir sama dengan web developer, hanya saja menurut saya Firebug dapat memberikan informasi yang lebih mendetail seperti kode CSS yang digunakan dan sebagainya.

2. ColorZilla









Permainan warna menjadi salah satu hal penting dalam membuat ataupun mengedit sebuah template, ColorZilla merupakan salah satu add-ons mozilla yang dapat memudahkan kita untuk mengetahui kode warna pada sebuah tampilan web. Kita cukup mengarahkan cursor kesebuah objek ataupun text untuk mengetahui kode warna yang digunakan.

3. MeasureIt









MaesureIt berfungsi untuk mengukur tinggi dan lebar sebuah objek, dengan menggunakan add-ons ini kita dapat dengan mudah mengetahui ukuran sebuah objek seperti sidebar, footer, content, gambar dan sebagainya.

4. Window Resizer












Resolusi monitor menjadi salah satu pertimbangan saat kita membuat ataupun mengedit tampilan web ataupun blog, banyak sekali web yang hanya tampil rapih di ukuran tertentu contohnya 1024x768 tetapi tampak acak-acakan saat resolusi monitor diperbesar ataupun diperkecil. Window Resizer menrupakan add-ons yang sangat membantu untuk mengecek tampilan web kita di resolusi yang berbeda. Kita dapat dengan mudah mengganti resolusi melalui browser tanpa harus bolak-balik merubah setting komputer kita.

5. Screengrab









Add-ons yang satu ini berfungsi untuk melakukan screen capture pada browser. Kita dapat dengan mudah menyimpan tampilan web kita kedalam format JPG dan PNG. Add-ons ini dapat menyimpan tampilan web secara penuh dari atas hingga kebawah. Uniknya lagi dengan add-ons ini selain bisa melakukan save ke JPG dan PNG, kita juga bisa melakukan copy kemudian mem-pastenya kedalam Photoshop.

Sebenarnya masih banyak lagi add-ons Mozilla yang sangat bermanfaat, tapi tentu saja akan sangat menghabiskan tenaga bila saya membahasnya satu per satu :D
Buat teman-teman yang mau menambahkan silahkan berbagi melalui kotak komentar dibawah. Semoga Bermanfaat....


7 komentar:

Misel ( Expedition-Net ) mengatakan...

WOWW boleh juga nih dicoba keren, terimakasih banyak nih Bos, atikelnya bermanfaat, semoga bermaanfaat juga untuk saudara kita lainnya

CepukOnline mengatakan...

miseL >> Amin...

pushtop mengatakan...

Wow Ini Mempermudah Untuk Pemula Di Dunia Internet Seperti Saya ..Thanks 4 Share

CepukOnline mengatakan...

Siiippp Kang pushtop ...

alfan mengatakan...

yo iki.. mantep iki... di sruput kalem2... mantap gan.

CepukOnline mengatakan...

SiLahkan....

Best Laptops Review 2010 mengatakan...

langsung ke TKP pak.., monggo.. eh sebelumnya maksih ya infonya.. :D

Posting Komentar

BLOG FRIENDS

Pengikut

SRAGEN ONLINE | BLOG KREASI ANAK SRAGEN. Diberdayakan oleh Blogger.