Gayus Jangan Sampai Meninggal, Kasusnya Habis


Ketua MK mengapreasi sikap Kapolri yang tegas dan cepat mengambil tindakan.

Posisi terdakwa kasus mafia hukum, Gayus Tambunan sangat penting untuk membongkar jaringan mafia yang lebih besar. Sehingga, keberadaan Gayus harus dilindungi.

Demikian disampaikan oleh Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD usai diskusi 'Jaksa Agung dalam Kandungan' di Jakarta, Sabtu 13 November 2010."Menurut saya, kasus Gayus harus dibongkar ke akar-akarnya. Yang dikorbankan bukan Gayus," kata Mahfud.

"Gayus harus diselamatkan, jangan sampai dia habis, meninggal yang akan menghilangkan kasusnya. Kan kalau di film-fil India banyak yang seperti itu."

Minggu lalu, Gayus yang ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok kembali berulah.

Terdakwa mafia hukum itu menyuap Kepala rumah tahanan Mako Brimob, Kompol Iwan Siswanto sebesar Rp368 juta dan bawahannya untuk mendapat keistimewaan bisa keluar-masuk tahanan.

Terkait hal itu, Mahfud yakin keluar-masuknya Gayus dengan mudah dari tahanan tak hanya melibatkan Kompol Iwan saja.

Dia mengatakan peristiwa itu pasti melibatkan banyak pihak. "Jaringannya lebih luas dari itu. Ini jaringannya bukan hanya Gayus dan Karutan, Kompol Iwan," kata dia.

Namun demikian, Mahfud memberikan apresiasinya kepada Kapolri, Komjen Pol Timur Pradopo yang dia nilai cepat melakukan tindakan tegas terhadap bawahannya yang dinilai bersalah. "Tindakan Kapolri cepat dan tepat dalam hal ini," kata dia.

Mahfud menambahkan, cepatnya tindakan Timur itu menunjukkan Kapolri baru itu tidak tersandera oleh kepentingan tertentu.

"Kita tidak banyak tahu kiprah Timur, karena itu dia telah lakukan reaksi tepat. Timur orang yang datang dari luar lingkaran elit, dulu dia orang pinggiran," kata dia.

Selain itu, dia mengatakan kasus Gayus itu tak perlu ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. "Saya kira Pak Timur bisa, tidak ada catatan Timur tersandera. Ini kesempatan bagi dia," kata Mahfud. (sj)
Sumber : VIVAnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

BLOG FRIENDS

Pengikut

SRAGEN ONLINE | BLOG KREASI ANAK SRAGEN. Diberdayakan oleh Blogger.